Kamis, 27 November 2014

Somewhere in Pangandaran

Agustus 2009

Gw, Amien, Putu dan Syapik, jalan-jalan lagi. Kali ini iseng jalan tanpa tujuan pasti, cuma mau ngilangin bete dan manfaatin waktu libur doang. Bingung mau kemana, kita sepakat buat ke Bandung aja yang deket. Masih jamannya ada kereta api Parahyangan yang 35 ribu, siang-siang kita menuju Bandung. Gw yang mana pernah menimba ilmu di Jatinangor dan sering main ke Bandung jadi guide mereka disini. Dengan kemampuan navigasi dan menghapal jalan gw yang cetek, begitu sampe Bandung kita langsung menuju Taman Sari dan Institut Teknologi Bandung (karena yang paling gw apal ya jalan kesini hahaha). Niatnya mau cuci mata liat cewek-cewek kampus, tapi yaa karena gw yang jadi guide, jadinya gak sesuai ekspetasi. Suasana Taman Sari dan ITB lagi sepi-sepinya, karena bertepatan dengan libur kuliah. Dan kalaupun rame juga, please deh, ini ITB, kampus teknik yang mana notabenenya didominasi sama cowok-cowok, ceweknya paling cuma segelintir.

Menjelang malam, gw ajak mereka ke daerah Dago. Kita memutuskan buat nongkrong di salah satu kafe di Dago Plaza, tempat dulu band Peterpan biasa launching album mereka (album musik loh ya, bukan album 3gp vokalisnya). Pemandangan malam hari di Dago itu seger pisan euy! Banyak cewek-cewek cakep yang lalu lalang, bikin pengen elus-elus dada, dada kita sendiri. Ngeliat suasana kayak gitu bikin kita yang ada di situ termotivasi, ceweknya cantik-cantik, cowoknya biasa-biasa aja. Kita yang pada jomblo semangat, cowok kaya gitu aja bisa dapet cewek cantik, gimana kita (langsung pada sok ganteng, padahal mah muka lagi jelek-jeleknya). Dari sana, kita iseng buat keliling Bandung naik angkot, dari ke Alun-alun sampai ke Braga. Karena ini angkot Bandung, lamanya ngetem lebih lama daripada lamanya perjalanan.

Semakin malam, kita memutuskan buat keJatinangor, numpang tidur di kosan temen gw si Dharma, sekaligus juga ngunjungin temen gw si Agus yang pada saat itu lagi ulang tahun. Paginya, setelah sarapan ala-ala anak kost, kita pergi ke Cileunyi, buat nyari bis menuju Pangandaran. Alasan kita pengen kesana, ya karena tanggung udah sampe Jatinangor sekalian aja ke Pangandaran (darimananya tanggung, Jatinangor ke Pangandaran kan masih jauh keleus!). Menjelang malam lagi, akhirnya kita sampai di Pangandaran. Disinilah salah satu bakat temen gw si Syapik ditemukan, jadi ceritanya  Syapik pengen kencing, pas nemu spot yang pas buat kencing, yaudah dia kencing (yaiyalah masak iya mandi). Selagi Syapik kencing, gw, Amien dan Putu kabur ninggalin dia yang lagi kencing, gak berapa lama Syapik menyusul kita, setelah berhasil menyusul dia kencing lagi. Terus? Apaan bakatnya? Yaa itu tuh, bisa nunda-nunda kencing sesuka-suka dia, keluarin dikit, tahan, lari, keluarin lagi (anggap aja ini suatu bakat ya).

Kebetulan gw punya temen cowok di Pangandaran, sebut aja namanya Dinda. Gw pernah sekali ke rumahnya, dan sialnya karena kemampuan menghapal jalan gw cetek, gw lupa rumahnya ada dimana. Satu-satunya tempat kenangan yang gw inget disini ya waktu gw maen PS di rental. Karena gw gak punya nomornya, jadi gw berniat nyari dia di rental, dan ternyata gak ada. Tapi gw sempet nanya sama yang lagi maen PS (nontonin mereka main dulu sih sebenernya, kayak bocah-bocah di rental yang kerjanya cuma nontonin orang maen PS), dikasihlah kisi-kisi menuju ke rumahnya. Singkat cerita, akhirnya rumahnya ketemu, dan mulai saat itu gantian Dinda yang jadi guide mencarikan kita penginapan.

Pantai Pangandaran sebenernya menurut gw biasa-biasa aja. Dan sepertinya Dinda paham, jadi besoknya kita mencoba suasana lain, yaitu menuju Kawasan Cagar Alam Pangandaran. Seperti ninja hatori, mendaki gunung lewati lembah, suasana di kawasan cagar alam ini masih asyik. Ada pantai, sungai, hutan, padang rumput, binatang-binatang liar, dan bule-bule sopan (bulenya gak pake bikini T_T). Selagi asyik bersantai, tiba-tiba ada telepon dari nomor gak dikenal, dan ternyata yang menelepon adalah Tata yang mengabarkan lagi dalam perjalanan menyusul kesini dari Sumedang. Repotnya, Tata gak ada hape, dan yang tadi barusan adalah boleh pinjem hape orang buat nelpon gw, satu-satunya nomor yang dia hafal. Singkatin aja lagi, Tata sampe juga dan kita lanjut lagi buat jalan-jalan ke pantai. Sempat ada cekcok antara gw dan Amien dengan para kera di sana. gw dan Amien dikejer gerombolan kera karena kita ngeganggu salah satu dari anak mereka. Gw lari menuju pantai, dan lalu ke hutan,eh salah, itu puisinya Rangga. Gw lari menuju laut, dan Amien lari menuju pagar pembatas Cagar Alam. Karena ada perbedaan arah, entah gimana justru gw sama Amien bertabrakan dan jatoh. Untungnya, atas kebaikan si kera, mereka berhenti mengejar ketika kita jatoh (mungkin mereka sebenarnya ngetawain gw dan Amien). Selesai main-main di Pantai, kita kembali ke penginapan. Besoknya kita pun kembali ke Jakarta.

perjalanan menuju Bandung

istirahat di salah satu taman di kawasan kampus ITB

nongkrong di Dago Plaza

di kosan Dharma bersama Agus yang lagi ultah

bersama Dharma di UNPAD

menunggu bis ke Pangandaran

di bis menuju Pangandaran

sampai di Pangandaran dan langsung minum es kelapa muda

di pantai Pangandaran

nemu rusa di pantai

tempat penginapan di Pangandaran

sunrise dari penginapan

muara di kawasan cagar alam

peraturan cagar alam

padang rumput tempat banteng-banteng biasa berkumpul

melanjutkan perjalanan

sampai di pantai tersembunyi

di pantai tersembunyi

pantai di cagar alam

Tata udah datang, pas sunset

main di pantai

sunset

manjat karang

perjalanan pulang menuju terminal Pangandaran

pulang :')

By the way, thanks to Agus, Dharma, Dinda dan keluarga, serta kera-kera yang memaklumi kita, karena udah ngebantu liburan ini lancar.