Selasa, 11 November 2014

Track 'Subhanallah'

Siapa sih yang gak seneng jalan-jalan? Siapa ya gw juga gak tau, cuma yang pasti kebanyakan orang suka sama yang namanya jalan-jalan. Banyak banget cerita jalan-jalan yang pengen gw jadiin postingan di blog ini, tapi foto-fotonya udah gak tau kemana. Kalo boleh dirangkum, tiap jalan-jalan punya kenangannya masing-masing, dan kayaknya ada jalan-jalan yang paling bikin gw berkesan banget (semuanya berkesan sih sebenernya) dan jadi titik awal hobi gw buat jalan-jalan yaitu pas ke Cianjur, tahun 2007 kayaknya. Gimana waktu itu terjalin keakraban sama temen-temen gw, dan kemudian berlanjut ke jalan-jalan berikutnya bersama mereka. Cianjur yang tadinya cuma gitu-gitu doang, malah jadi sarana wisata yang unforgettable buat gw, padahal mah cuma main di sawah, mandi di kali, main lumpur, tapi ya gitu deh, banyak serunya. Paling berkesan itu pas pergantian tahun baru 2008, tengah malamnya kita bukannya nyalain kembang api, justru malah ngelepas kunang-kunang, romantis yah, cuma sayang cowok semua :(

Kaya yang tadi gw bilang, semenjak trip Cianjur itu, gw jadi sering jalan-jalan lagi sama mereka. Bingung kan merekanya siapa? Mau gw kenalin di sini juga percuma, kaya bakal kenal aja. Nah yang mau gw ceritain di sini itu cerita jalan-jalan gw ke Lembah Salak, Bogor. Kita nyebutnya track 'Subhanallah'. Kenapa? Karena subhanallah biasa aja, subhanallah capeknya, subhanallah terpencilnya, padahal masih di kawasan Bogor.

Gw udah pernah kesini sebelumnya, bareng sama Amien, Putu, Syapik dan Andi (tuh kan gw kenalin juga jadinya). Awalnya ini adalah trip mereka berempat kecuali gw, iya kecuali gw, karena saat itu gw kaya lagi dikucilkan gitu (kayanya sih) gara-gara gw sibuk pacaran. Tapi malamnya sebelum besok berangkat, gw di ajak sama Andi buat ikutan (ceritanya Andi ini gak ada masalah sama gw). Akhirnya gw ikutan dan besoknya berangkat, dengan start awal kumpul di rumah Putu. Agak kikuk sih awalnya, tapi ya namanya juga cowok, kaya lagi gak ada konflik gitu deh pas ketemu (lah, itu mah harusnya cewek yang kaya gitu). Dan pas udah sampe sana, malamnya gw kaya disidang gitu, ditanya-tanyain kenapa begini begitu, mirip mandok hatta-nya orang batak lah. Seru sih, akhirnya masalah selesai.

Ditrip yang kedua kalinya kesana, nambah lagi personilnya yaitu Nanda, Ukak, Dicky, Aichu dan Averdy. Seperti biasa, start awal kumpul di rumah Putu, rumah paling free dan paling deket sama stasiun Tanah Abang. Berangkat pagi, gw lupa ini tahun berapa, dari stasiun Tanah Abang menuju stasiun Bogor. Di kereta gw udah langsung kena apes. Kereta lagi rame-ramenya, depan gw ada ibu-ibu yang lagi gendong anak, posisi berdiri, mau pegangan gantungan yang di atas juga gak nyampe. Gw dengan sok baiknya ngasih posisi tangan gw yang gak ada ototnya buat jadi pegangan dia. Tapi tiba-tiba kereta goyang-goyang gitu dan si ibu-ibu nabrak badan depan gw. Dengan pedenya si ibu bilang dengan suara agak kenceng ke gw, "Mas, aji mumpung yaa.." Meeen, gw di kereta malu digituin, disangka mesum gitu ke ibu-ibu itu, macam itu ibu-ibu Yuni Shara aja, padahal mah gw niat mesum ke anaknya (lah!?). Untungnya di kereta rame sama temen-temen gw, yang akhirnya dibercandain dan jadinya ya emang bercanda aja itu ibu-ibu. Tapi kalo gak ada temen-temen gw mungkin gw udah dipelototin orang sekereta kali.

suasana di kereta menuju Bogor

di angkot, masih pada alay semua

Langsung aja ceritanya biar cepet, kita bersepuluh sampe di stasiun dan langsung aik angkot menuju Lembah Salak. Gw lupa gimana rute-rutenya, pokoknya kita udah sampe aja. Begitu sampe, izin sama orang yang punya tempat buat kita inapin di atas sana.Yap, track 'Subhanallah' ini memang sejenis kaya naik gunung gitu deh, tapi bukan naik gunung beneran. Jadi pas nanti di atas sana, ada rumah kosong (beneran kosong gak ada isinya) buat tempat istirahat petani-petani gitu karena ladang mereka ada di atas sana. Setelah minta izin, kita langsung jalan ke sana. Perjalanan menuju kesana kira-kira memakan waktu 2 jam, dan menanjak dengan pemandangan jurang (jurang kok dijadiin pemandangan). Karena dari semua peserta cuma satu orang doang yang anak gunung, makanya pada ngerasa perjalanan ke atas itu capek. Yaaa dari sini juga kenapa ini kita namakan track 'Subhanallah', karena sepanjang jalan pada ngeluh 'subhanallah capeknya'. Tapi si Syapik yang jadi satu-satunya anak gunung mah tetep aja sabar dan selalu bilang bentar lagi sampe bentar lagi sampe, padahal sih gak nyampe-nyampe.

di perjalanan

hampir sampai di rumah istirahat para petani

Sampai di atas, sepi, cuma ada rumah satu itu yang tadi gw bilang, dan ladang beserta pohon-pohon liarnya. Seperti biasa, jalan-jalan kita ya emang biasa aja tempatnya. Karena gak tau mesti ngapain, jadi kita keliling-keliling aja sampe malam. Malamnya dingin memutuskan kita buat bikin api unggun. Karena dingin juga, dan sialnya cowok semua (ada cewek juga lu gak ngapain-ngapain, mblo) maka kita main-main aja gak jelas biar capek dan keringetan. Dan begitu tengah malam, abis liat pemandangan bintang-bintang, kita memutuskan untuk masuk ke dalam rumah. Mungkin karena kebawa suasana pemandangan bintang-bintang tadi, dan udah tengah malam juga, si Ukak yang konon otak cerdasnya dimulai dari tengah malam sampe subuh ini mulai ngomongin astronomi. Singkat aja karena gw juga gagal paham sama yang diomongin Ukak, kita semua langsung tidur.

jalan-jalan malam

main ala-ala cheerleaders

foto-foto peserta minus Syapik

rebutan masuk frame foto


Subuhnya, kita semua bangun dan memutuskan untuk ngeliat sunrise. Biar dapet view yang bagus, kita naik ke atas (yaiyalah naik ke atas, masa iya naik ke bawah). Well, kita dapat pemandangan sunrise yang bagus. Dan pada akhirnya kita menggunakan bisa kata 'subhanallah' sesuai dengan koridornya, "Subhanallah bagus banget pemandangannya!". Tapi karena ceritanya masih jaman dulu (berasa tua), kamera jaman itu masih ala kadarnya (padahal sih bawa kamera SLR, tapi skill capture fotonya masih pada ala kadarnya).

"Subhanallah sunrise-nya!"

sunrise


Siangnya, Ukak minta pulang karena ada janji sama Mamanya. Tapi kita semua sok akting gak mau pulang. Ukak akhirnya memutuskan buat pulang sendiri dan langsung cus turun dari Lembah Salak. Selang beberapa menit, kita semua langsung beres-beres dan nguntilin Ukak dari belakang. Karena bukan jam cerdasnya Ukak, sepanjang jalan Ukak terlihat bingung menentukan rute jalan pulang. Karena gak tega, akhirnya kita tetep ngumpet (lah?). Tapi akhirnya ketahuan dan yaa mau gak mau kita kasih tau rute yang benar.

Okay, mungkin ceritanya seru cuma buat yang ikut perjalanan ini aja, tapi pesan yang mau gw sampaikan adalah tidak peduli tempatnya seperti apa, medan perjalanannya seperti apa, sepanjang kita jalan sama temen-temen yang memberikan rasa kebersamaan, perjalanan apapun akan kerasa seru dan berkesan. Biasanya sih rumusnya, semakin susah perjalanan, semakin gede rasa kebersamaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar